Cara Mudah Merawat Lensa Kontak


Jenis Alergi - Cara Mudah Merawat Lensa Kontak

Lensa kontak adalah sebuah lensa yang berfungsi sebagai pengganti kacamata. Lensa kontak akan memudahkan kita ketika melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari, tanpa perlu menggunakan kacamata yang mungkin akan memiliki risiko baret, patah, pecah ataupun hilang. Selain dapat membantu mata untuk melihat lebih jelas, lensa kontak juga tidak akan mengganggu penampilan Anda.

Cara Mudah Merawat Lensa Kontak

Meski Lensa Kontak memiliki banyak keunggulan dari sisi perawatannya, namun lensa kontak juga membutuhkan lebih banyak perhatian dibandingkan dengan kacamata. Lensa kontak harus selalu higienis agar tidak menimbulkan masalah pada kesehatan mata seperti infeksi mata dan komplikasi penglihatan lainnya.
Anda dapat mencegah terjadinya suatu infeksi mata dengan berbagai cara berikut ini:
  1. Selalu cuci bersih tangan anda lalu keringkan sebelum memasang atau sebelum melepas lensa kontak Anda.
  2. Lepaskan lensa kontak pada saat sebelum mandi atau berenang. Usahakan sebisa mungkin lensa kontak Anda tidak terkena air.
  3. Usahakan agar selalu melepas lensa kontak sebelum Anda tidur. Sangat tidak disarankan untuk mengenakan atau menggunakan lensa kontak secara terus-terusan.
  4. Gunakan suatu cairan pembersih khusus lensa kontak yang disarankan oleh dokter atau apotek yang digunakan untuk membersihkan ataupun merendam lensa kontak Anda. Jangan menggunakan air atau cairan lainnya, karena air kolam, air laut, bahkan air sulingan sekali pun, bisa mengandung suatu organisme acanthamoeba yang dapat membahayakan mata Anda yaitu dapat menyebabkan mata mengalami infeksi.
  5. Gosok secara lembut pada saat Anda membersihkan sebuah lensa kontak dengan menggunakan cairan pembersih khusus. Dan berhati-hatilah untuk tidak merobek lensa kontak.
  6. Bersihkan lensa kontak usai digunakan dan bersihkan juga kotak penyimpanannya secara rutin setiap tiga bulan sekali agar tetap terjamin kebersihannya.
  7. Jika Anda memakai atau menggunakan lensa kontak yang berjenis sekali pakai, Anda tidak perlu lagi untuk membersihkannya karena lensa jenis ini tidak didesain untuk kembali digunakan. Dan jangan pernah Anda memakai atau menggunakan lensa kontak jenis sekali pakai lebih dari sehari.
Itulah sedikit informasi mengenai cara merawat lensa kontak yang dapat saya bagikan.. Semoga akan menjadi manfaat bagi kita semua Aamiin
Jenis Alergi © 2017 | Designed by IdPelajar Powered by Blogger