5 Jenis Sel Kanker yang Dapat Menyerang Tubuh Manusia










Jenis Alergi - 5 Jenis Sel Kanker yang Dapat Menyerang Tubuh Manusia

Suatu sel kanker berasal dari sebuah pertumbuhan sel abnormal yang dapat muncul pada hampir semua bagian tubuh manusia. Meskipun demikian, jenis sel kanker yang terbentuk pada setiap sel tubuh dapat berbeda-beda. Hal ini tergantung pada bagian atau organ tubuh yang menjadi “induk” alias tempat pertama sel kanker ditemukan atau muncul.

Berbagai jenis sel kanker yang bisa menyerang tubuh manusia yaitu:

1. Karsinoma

Karsinoma adalah jenis sel kanker yang berawal muncul pada jaringan epitel yang terdapat pada kulit maupun organ dalam. Sebagian besar jenis sel kanker karsinoma ini terjadi pada jaringan organ dalam seperti hati, ginjal, usus, dan  paru. Karsinoma merupakan suatu jenis kanker yang dapat menyebar ke semua bagian tubuh lainnya.

Karsinoma memiliki sub-tipe yang paling banyak diantara jenis sel kanker lainnya, yaitu:
  1. Adenokarsinoma
  2. Karsinoma sel basal
  3. Karsinoma sel skuamosa
  4. Karsinoma sel ductal
  5. Karsinoma sel transisional

2. Sarkoma

Sarkoma adalah jenis sel kanker yang muncul pada bagian organ dengan jaringan ikat. Jenis sel kanker sarkoma ini dapat muncul pada jaringan ikat keras seperti pada tulang dan biasanya berasal dari osteosit sel abnormal atau sel tulang. Sedangkan pada jaringan ikat lunak, sarkoma dapat muncul pada tulang rawan atau kartilago dan sel otot, termasuk pada pembuluh darah.

3. Leukemia

Leukimia adalah jenis sel kanker yang muncul pada bagian jaringan pembentuk sel darah seperti sumsum tulang. Sel kanker jenis ini dapat menyebabkan tubuh memproduksi sel darah putih dengan tidak sempurna dan belum matang. Dan akan berakibat, sel darah putih leukosit tersebut tidak mampu bekerja melawan suatu infeksi. Leukemia juga dapat menyebabkan gangguan pada keseimbangan sel darah.

4. Limfoma dan myelom

Limfoma dan myelom merupakan dua jenis sel kanker yang muncul pada bagian organ dari sistem imun atau daya tahan tubuh. Salah satu bagian dari sistem imun terdiri dari organ-organ limfatik yang mencakup kelenjar limfa, organ limpa, dan saluran limfa.

Limfoma merupakan suatu jenis sel kanker yang dapat berasal dari semua organ limfatik manapun dan dapat menyebar luas keseluruh tubuh manusia, termasuk salah satu sel darah putih limfosit. Sedangkan myeloma merupakan suatu jenis sel kanker yang berasal dari sel plasma. Sel plasma berperan dalam memproduksi antibodi atau immunoglobulin untuk melawan infeksi pada tubuh. Pada kanker myeloma, pertumbuhan sel plasma terjadi secara tidak normal dan dapat menyebabkan antibodi tidak mampu bekerja secara efektif untuk melawan infeksi.

5. Sel kanker saraf pusat

Sel abnormal ini sangat berbahaya dan dapat menyebkan kanker otak dan saraf tulang belakang. Pada dasarnya, sistem saraf pusat, aktivitasnya diatur oleh otak dengan mengirimkan sinyal elektrik dengan serabut saraf. Selain itu, otak  juga terhubung dengan saraf tulang belakang melalui serabut saraf. Sel saraf otak terdiri dari berbagai jaringan penghubung antar sel saraf yang dikenal dengan nama glia.

Sebagian besar yang terjadi pada kasus kanker otak berawal dari munculnya suatu sel abnormal pada glia atau dikenal dengan nama glioma. Kanker yang terdapat pada sistem saraf pusat sebagian besar bersifat jinak dan tumbuh sangat lambat.
Jenis Alergi © 2017 | Designed by IdPelajar Powered by Blogger